News Info: >>>Kopdar Jumat 08 Januari 2010, Margo City<<<

24 Oktober 2009

Vario CBS Techno: Menguji Keampuhan Combi Brake

Jumat, 7/8/2009 | 09:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu senjata Honda motor meningkatkan daya penetrasi pasar skutik di Indonesia adalah menawarkan fitur Combi Brake pada Vario terbarunya. Skutik ini diberi label "Vario CBS Techno" dan tetap berdampingan dengan Vario yang tanpa combi brake, yaitu Absolute Matic dan Beat.

Combi brake atau rem gabungan adalah sistem pengereman ganda, depan dan belakang, pada satu tuas rem. Rem ini dioperasikan pada tuas.


Saat peluncuran, hanya sosok skutik yang diperkenalkan. Pada 6 Agustus kemarin, Astra Honda Motor (AHM) mengajak wartawan, termasuk Kompas.com untuk mencobanya di AHM Part Center Test Course, Cakung, Jakarta Timur.

Satu tangan
Delapan unit Vario CBS Techno disiapkan untuk dijajal di sirkuit mini AHM itu dengan luas 45 hektar. Sambil menunggu giliran, para peserta disuguhi hiburan berupa live music, temporary tatoo, dan meramal dengan Tarot.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, tiba saatnya Kompas.com berada di atas sadel Vario CBS. Peserta diharuskan mengenakan perlengkapan keamanan bermotor, seperti jaket, sarung tangan, dan helm dengan standar SNI. Masing-masing peserta diberikan kesempatan dua kali mengitari sirkuit.

Dari jejeran Vario yang dipajang, pilihan jatuh ke warna integra white yang terlihat lebih segar dibandingkan yang lainnya. Sebelum menyalakan mesin, terlebih dahulu diinstruksikan untuk menjawab beberapa pertanyaan khusus, yaitu bagaimana tampilan produk, posisi duduk, dan desain spidometer.

Saat dihidupkan, mesin langsung bekerja dengan getaran halus. Jalur pertama sirkuit hadir dengan trek lurus 100 meter. Saat memulai, tanpa ragu grip gas dibetot hingga 3/4 sehingga varian skutik teratas AHM ini ngacir hingga kecepatan 80 kpj dengan mulus.

Hal itu diteruskan dengan berputar arah kembali posisi semula dan harus menjaga kecepatan pada 30 km/jam, kemudian menghentikan skutik ini pada titik yang ditentukan hanya dengan mengandalkan rem kiri. Saat mengerem, tekanan pada tuas rem langsung ditarik habis.

Luar biasa, skutik ini berhenti dalam keadaan lurus pada jarak enam meter. Rem kombinasi yang dioperasikan oleh tangan kiri mendistribusikan energi rem roda belakang dan depan secara bersamaan. Rem menjadi lebih responsif.

Kemampuan kerja rem seperti itu akan sangat berguna saat meluncur di jalan perkotaan. Di samping itu, pengoperasiannya lebih praktis dan memudahkan pengendara mengendalikan setang, terutama buat penunggang yang masih baru dan cenderung masih takut-takut.

Manuver
Tes dilanjutkan ke tantangan berikutnya, yaitu manuver di tikungan. Sebanyak lima cone merah diletakkan saling berjauhan membentuk lekukan. Dengan kecepatan 30 kpj, rintangan ini dengan mudah dilewati.

Selanjutnya, slalom telah menanti. Enam cone berjejer dengan jarak dua meter membentuk garis lurus. Manuver meliuk-liuk membentuk huruf ‘S’ berulang-ulang dilalui Vario Techno dengan stabil.

Fitur-fitur
Terdapat beberapa fitur penunjang pada varian skutik Honda terbaru ini. Hal itu antara lain auto secure key shutter atau pengaman kunci kontak bermagnet otomatis. Kelengkapan ini digunakan agar motor tidak mudah dicuri.

Untuk keamanan berkendara, digunakan pula side stand switch (standar samping otomatis) untuk mematikan mesin motor. Alat ini mencegah pengendara lalai atau lupa menaikkan standar sebelum berjalan.

Selain itu, juga ada fitur brake lock (tuas pengunci rem) yang berfungsi layaknya rem tangan pada mobil. Saat dioperasikan, rem belakang akan mengunci sehingga motor tidak bisa bergerak atau tergelincir meski saat berhenti atau parkir di tanjakan.

Sayang, ada sedikit ganjalan pada fitur terakhir ini. Bentuk dan cara pengoperasiannya ternyata berbeda dibandingkan dengan Vario Absolute dan Beat.

Dengan bentuk mirip lidi dan berdiameter lebih tebal, pengendara sulit untuk mengoperasikannya dengan telunjuk sebelah kiri. Jari harus menekan tuas rem (kiri) kemudian baru dibantu tangan kanan untuk mengaktifkannya.

Kalau saja pengunci rem tersebut pengoperasiannya sama dengan produk sebelumnya, itu akan memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pengendara skutik seharga Rp 15,5 juta ini.

sumber : http://otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pencegahan adanya user login dengan profil anonymous maka blog ini telah diupdate, hanya user yang telah terdaftar saja yang dapat memberikan komentar. Untuk anda yang belum terdaftar dapat langsung membuat email di google, selanjutnya untuk memberikan komentar anda dapat langsung memberikan komentar dengan pilihan prifil google.

 
Powered by Blogger, Administrator Riri Rizal. Copyright © 2009 Valdo IT Riders Community. Thanks for visiting our blog.